Bupati Asahan Buka Kegiatan Forum OPD Bidang Digitalisasi Birokrasi

Bupati Asahan Buka Kegiatan Forum OPD Bidang Digitalisasi Birokrasi

topmetro.news – Bupati Asahan, H Surya BSc membuka kegiatan forum OPD bidang digitalisasi birokrasi di aula Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PMPPTSP), Kamis (18/3/2021).

Forum ini digelar untuk penyusunan rencana program kerja bidang digitalisasi birokrasi untuk mendukung terwujudnya visi misi Bupati Asahan. Dalam program prioritas bidang digitalisasi birokrasi.

H Surya saat membuka acara menjelaskan mengenai strategisnya kegiatan ini untuk mensinergikan program prioritas di bidang digitalisasi birokrasi yang merupakan hasil musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) di OPD masing masing.

Kegiatan ini juga sebagai upaya tata kelola penyelenggaraan pemerintahan yang efektif, inovatif profesional dan akuntabel.

Digitalisasi Birokrasi

Digitalisasi birokrasi merupakan kultur baru yang dapat memangkas birokrasi yang memerlukan waktu panjang, tenaga, dan biaya. Program ini merupakan tantangan bagi ASN dalam memberikan pelayanan agar semakin cepat, praktis, mudah, sederhana dan responsif. Muara dari semua upaya digitalisasi birokrasi ini adalah peningkatan kualitas pelayanan publik yang bermanfaat bagi seluruh masyarakat. Hal ini dapat meningkatkan transparansi dan kemudahan informasi publik.

Terkait revolusi industri digital, kita tidak ada alasan untuk tidak ikut di dalamnya. Semua dinas harus siap dan saling terhubung dengan jaringan, karena ini program prioritas Pemkab Asahan. Untuk itu saya mengajak kita semua untuk bekerja bersama-sama dan sungguh-sungguh dalam mendukung program yang berkaitan dengan bidang digitalisasi birokrasi.

Kadis Kominfo, H Rahmat Hidayat Siregar MSi sebagai pembicara menjelaskan perlunya pengembangan teknologi dan informasi publik untuk percepatan layanan dan memangkas alur birokrasi. Khususnya di masa pandemi covid 19 ini sehingga pelayanan kepada masyarakat lebih cepat. Layanan cepat memang kebutuhan pemerintah sesuai instruksi Presiden poin kedua mengenai reformasi transformasi digital di sektor strategis.

“Program prioritas yang menjadi fokus perhatian Diskominfo di antaranya KTP tangguh, perizinan online, bayar pajak/retribusi online, pemasaran UMKM, pendaftaran pasien RS, pendaftaran siswa sekolah, Asahan satu pintu dan lain yang berkaitan informasi publik”, kata Hidayat.

Konsep Smartcity

Dinas Kominfo telah menerapkan konsep smartcity melalui : penyediaan jaringan internet dan CCTV di seluruh OPD, penyediaan hot spot wifi gratis di area publik, pembangunan data center dan command center, layanan publik secara online dan terintegrasi, pembangunan sistem satu data atau bank data, agar tidak jadi tumpang tindih data yaitu aplikasi Asahan satu data, pemuatan advetorial kegiatan pembangunan, pemerintahan dan masyarakat dengan media cetak dan media online.

Dinas Kominfo siap membantu OPD dalam pembuatan aplikasi untuk menunjang informasi publik. Ke depan diharapkan adanya integrasi antar aplikasi yang sinkron dengan data referensi. Sehingga pengembangan aplikasi menjadi lebih efisien dan efektif. Serta memenuhi kaidah standarisasi juga mengacu pada Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) sesuai Perpres No 95 tahun 2018.

Untuk memudahkan penyebaran informasi publik, Pemkab Asahan telah menyiapkan PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi). PPID berfungsi sebagai pengelola dan penyampai dokumen yang dimiliki oleh badan publik sesuai UU No 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

“Diskominfo sebagai fasilitator juga siap mendukung dan memfasilitasi apapun yang berkaitan dengan penyebaran informasi publik dan pembuatan aplikasi di setiap OPD. Guna meningkatkan inovasi digitalisasi di Kabupaten Asahan,” kata Hidayat.

Penulis : En

Related posts

Leave a Comment